Terkini

Calon independen

Butuh 13.585 KTP Buat Calon Wako Independen

PANGKALPINANG,Kpu-pangkalpinangkota.go.id- Setidaknya butuh sebanyak 13.585  fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) bagi bakal calon (Balon) yang ingin maju sebagai calon walikota Pangkalpinang melalui jalur independen di Pilwako 2013 ini.

Fotokopi KTP ini kata Ketua Pokja Pencalonan Perseorangan KPU Pangkalpinang, Syaiful Karim, merupakan 6,5 persen dari jumlah penduduk Kota Pangkalpinang saat ini dengan jumlah sebanyak 209. 232 orang sesuai data dari Pemkot Pangkalpinang yang diserahkan ke KPU.

Jumlah ini juga lanjut Syaiful merupakan syarat utama yang harus dilengkapi bagi calon indépenden untuk mendaftarkan diri sebagai calon walikota di KPU Pangkalpinang.

Menurut Syaiful, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pangkalpinang akan membuka pendaftaran bakal calon (balon) Walikota dan Wakil Walikota secara resmi untuk jalur perseorangan pada 11 hingga 15 Februari 2013 ini. "Untuk itu bagi balon yang ingin mendaftarkan diri supaya dapat melengkapi persyaratan utamanya yaitu sebanyak 13.600 fotokopi KTP tersebut," kata dia.

Selain KTP tambah Syaiful, bakal calon juga dapat menyerahkan bentuk dukungan lain seperti foto copy Kartu Keluarga (KK), paspor atau identitas lain yang diakui negara.

Syaiful menjelaskan, sesuai tahapan Pilwako, KPU mulai membuka pendaftaran melalui jalur independen terlebih dulu. Untuk itu masyarakat Kota Pangkalpinang yang ingin maju melalui jalur independen ini diberi kesempatan seluas-luasnya. Dan dipersilahkan mendatangi KPU dengan membawa dokumen dukungan sebagai kelengkapan administrasi. "Penyerahan berkas dokumen dukungan harus dalam bentuk soft copy atau hard copy daftar dukungan yang disampaikan ke KPU Pangkalpinang. Kemudian Fotocopy KTP dan dokumen kependudukan lainnya harus disertai tandatangan pendukung," jelas Syaiful yang juga menjabat Ketua Bidang Divisi Organisasi dan Umum KPU Pangkalpinang ini.

Syaiful mengungkapkan, setelah dokumen dukungan dari bakal calon jalur independen diterima petugas KPU maka selanjutnya akan dilakukan verifikasi berkas dokumen dukungan oleh PPS mulai 19 Februari hingga 4 Maret 2013. "Sedangkan untuk verifikasi dan rekapitulasi dokumen dukungan oleh KPU Kota untuk calon perseorangan dilaksanakan 12 hingga 18 Maret 2013," tuturnya.

Selanjutnya terang Syaiful, Setelah semua berkas selesai di verifikasi maka pasangan calon dari jalur independen yang memenuhi persyaratan akan diumumkan tanggal 26 April hingga 27 April 2013.
Sumber:  http://www.radarbangka.co.id 

Berikan Komentar


Nama:
Email:
Pesan:

Komentar

Sosialisasi Pemilu 2014
Facebook