Terkini

Mang Cikar Pemutakhiran Data Pemilih

DPT Pilwako Pangkalpinang Dapat diakses secara Online


PANGKALPINANG - kpu-pangkalpinangkota.go.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pangkalpinang melakukan terobosan baru untuk pengecekan daftar pemilih tetap (DPT)  Pemilukada Pangkalpinang.  KPU menggunakan DPT  online untuk memberi kemudahan penduduk memastikan sudah terdaftar atau belum sebagai peserta pemilih.  Inovasi baru yang dikembangkan oleh KPU Kota Pangkalpinang ini sebagai pelopor atau pertama kali ada di KPU se Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Anggota KPU Pangkalpinang Pokja verifikasi daftar pemilih, Amir Subhan mengatakan sistem berbasis internet diberlakukan. Cukup mengakses website resmi KPU Kota Pangkalpinang, (kpu-pangkalpinangkota.go.id) dapat segera mengetahui apakah sudah terdaftar atau belum pada DPT. Amir menambahkan data yang sekarang di upload oleh team IT adalah data DP4 yang kami dapatkan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Pangkalpinang. 
Bagaimana cara menggunakan fitur DPT online ini? Ternayata caranya cukup mudah sekali,  "Tinggal klik di website atau situs KPU Pangkalpinang, sudah disiapkan format pencarian dengan mengisi nama atau Nomor Induk Kependudukan. Kalau belum muncul berarti nama anda belum terdaftar, sehingga secepatnya harus menghubungi anggota PPDP (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih) / Ketua RT dan Rw setempat" kata Amir Subhan, Senin (4/3/2013). Amir mengatakan langkah ini adalah upaya KPU untuk mempermudah masyarakat mengakses informasi tentang status daftar pemilih.  Apalagi sesuai program lama yang pernah dicanangkan Walikota Zulkarnaen Karim yakni mewujudkan Pangkalpinang sebagai cyber city maka KPU memfasilitasi masyarakat yang berhalangan untuk mengecek nama mereka sudah terdaftar atau belum sebagai pemilih di kantor kelurahan,   dan memudahkan bagi  masyarakat Kota Pangkalpinang yang sebagian besar sudah melek terhadap teknologi internet. 
Kedepannya  fitur DPT online ini akan diupdate mengikuti tahapan pemutakhiran Data Pemilih, setelah uploading atau penggunggahan data DP4 selesai akan menyusul diupload  data Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan di tahap ketiga adalah pengunggahan Daftar Pemilih Tetap setelah ditetapkan oleh PPS di akhir bulan April 2013.  Jadi apakah anda sudah terdaftar sebagai pemilih dalam Pilwako Pangkalpinang 2013? Segera manfaatkan fitur DPT online di website kpu-pangkalpinangkota.go.id  "Men dak terdaftar, ikak dak pacak mileh!!" 

Berikan Komentar


Nama:
Email:
Pesan:

Komentar

Sosialisasi Pemilu 2014
Facebook