Terkini

KPU Kota Pangkalpinang Gelar Sosialisasi Tata Cara Pencalonan Pilwako Tahun 2013

PANGKALPINANG – Kpu-pangkalpinangkota.go.id.  Dalam rangka menyambut Tahap Pencalonan Walikota dan Wakil Walikota Pangkalpinang Tahun 2013, KPU Kota Pangkalpinang, Hari ini Selasa (5/3)  mengundang   perwakilan Partai Politik Peserta Pemilu 2009 dalam acara Sosialisasi   Tata Cara  Pencalonan Pilwako Tahun 2013 di Kantor KPU Pangkalpinang, Jl Girimaya no 11 Pangkalpinang.

Acara yang dihadiri oleh perwakilan kurang lebih 20 Parpol peserta Pemilu 2009, baik parpol yang mempunyai wakil di DPRD Kota Pangkalpinang seperti Demokrat, PPP, Golkar, PAN, Gerindra, PDI-P maupun Parpol kecil non parlemen seperti PKB, Pakar Pangan, PKPB dan lain sebagainya. Ivan Vikri sebagai anggota KPU Kota Pangkalpinang Pokja  Pencalonan mengatakan "Sosialisasi calon pasangan pemilu Kota Pangkalpinang  dari partai politik diharapkan memahami pedoman teknis dan tata cara mengusung Pilwalkot mendatang,"

Ivan Vikri menambahkan setiap partai politik harus memiliki 15 % kursi parlemen dari total 25 kursi DPRD Kota Pangkalpinang yakni 4 kursi atau 9.962 suara sah, baru bisa mengajukan bakal calon Pilwalkot mendatang. Dari total 25 orang anggota dewan DPRD Kota Pangkalpinang  diisi oleh sembilan partai politik. "Dari 9 (Sembilan) partai politik  hanya 4 (empat) partai yang memenuhi 15 persen suara dan dapat mengajukan calon tanpa perlu koalisi, keempat partai itu adalah  Partai Golkar, PDI Perjuangan, PPP (Partai Persatuan Pembangunan) dan  Partai Demokrat," tambah Ivan. Pendaftaran calon untuk jalur partai Politik dan Gabungan Parpol akan dibuka KPU Kota Pangkalpinang tanggal  15 – 21  Maret 2013. Sembilan Partai Politik  yang wakilnya masuk parlemen adalah, Golkar, Demokrat, PPP dan PDIP masing masing 4 orang, PKS, PBB, PAN dan  Gerindra masing masing diwakili dua orang, dan Hanura 1 (satu) orang. Untuk lebih jelasnya hasil Pemilu 2009 dapat dilihat di Surat Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kota Pangkalpinang Nomor : 10 /kpts/kpu-kota-009.436512/2013 yang dapat didownload di website kpu-pangkalpinangkota.go.id.  

Sementara itu untuk tata cara pencalonan Ivan menambahkan Pedoman Teknis Tata Cara Pencalonan  Pemilihan Umum Walikota dan Wakil Walikota Pangkalpinang Tahun 2013 telah diatur dalam Surat Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kota Pangkalpinang Nomor : 11/kpts/kpu-kota-009.436512/2013 yang juga dapat diunduh di website.

Penulis : Muh Heri Suryono

 



 

 

 

 

Berikan Komentar


Nama:
Email:
Pesan:

Komentar

Sosialisasi Pemilu 2014
Facebook