Terkini

Pembukaan Pemantau Pemilu

KPU Pangkalpinang Buka Pendaftaran Pemantau Pemilu 2014

PANGKALPINANG - Kpu-pangkalpinang.go.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pangkalpinang secara resmi membuka pendaftaran Pemantau Pemilu 2014. Menurut Anggota KPU Kota Pangkalpinang, Divisi Rumah Tangga, SDM dan Organisasi, Penti, AM.F  â€œTim independen ini nantinya akan bertugas melakukan pengawasan terhadap jalannya tahapan pemilu,  tim pemantau independen ini berasal dari lembaga baik itu lembaga hukum, pendidikan. ataupun lainnya.

 

"Secara teknis tim pemantau independen ini untuk lembaga. Jadi, perlu ada pengawasan dan tidak bisa dibebankan kepada penyelenggara saja tetapi kami harapkan partisipasi dari masyarakat juga, untuk ketentuan pemantauan sudah diatur dalam  Peraturan KPU Nomor 10 Tahun 2012 tentang Pemantau dan Tatacara Pemantauan Pemilu Anggota DPR, DPD, dan DPRD Tahun 2014. Dalam peraturan tersebut dimuat persyaratan, tata cara pendaftaran, akreditasinya, wilayah kerja, tanda pengenal, hak dan kewajiban, larangan, sanksi, kode etik, dan ketentuan lainnya. 

Sementara itu Ketua KPU Kota Pangkalpinang M. Yusuf, SE menyampaikan KPU membuka kesempatan seluas-luasnya semua orang  untuk melakukan pemantauan tahapan Pemilu Anggota DPR, DPD, dan DPRD Tahun 2014. Yusuf juga menekankan bahwa lembaga pemantau pemilu itu harus bebas dari segala kepentingan pemilu dan bukan pesanan salah satu partai politik atau sayap partai tertentu. Sehingga data yang diperoleh dari pemantau itu bisa bebas dari politik praktis dan lebih mengutamakan dalam kontribusi peningkatan kualitas Pemilu 2014.

Dia berharap tim ini nantinya dapat menjadi mitra KPU dalam memantau jalannya tahapan pemilu. Tim ini nantinya diharapkan melaporkan sejumlah pelanggaran yang mereka temukan kepada Panwaslu dan KPU untuk ditindaklanjuti. Tim pemantau independen ini juga bisa bersaksi di hadapan Mahkamah Konstitusi terhadap penemuan kecurangan di lapangan terkait proses pemilu, Tambah M. Yusuf SE.  

Formulir pendaftaran dapat diperoleh di KPU Kota Pangkalpinang, Jl Girimaya no 11 Pangkalpinang dan di website www.kpu-pangkalpinangkota.go.id. Pendaftaran ini dibuka sampai dengan tanggal 2 April 2014 atau 7 hari sebelum pemungutan suara 9 April 2014. Pelayanan Informasi Pemantau Pemilu 2014 pada Media Center KPU Kota Pangkalpinang, pada jam kerja dari Senin - Jumat jam 08.00 -  16.00 WIB.  

Berikan Komentar


Nama:
Email:
Pesan:

Komentar

Sosialisasi Pemilu 2014
Facebook