Terkini

Pelantikan Relawan Demokrasi Pemilu 2014

KPU Pangkalpinang Gelar Bimtek dan Lantik Relawan Demokrasi Pemilu 2014

PANGKALPINANG - Kpu-pangkalpinangkota.go.id -  KPU Kota Pangkalpinang menggelar  Bimbingan Teknis (Bimtek) Sekaligus melantik ke 25 orang  Relawan Demokrasi (Relasi)   Pemilu Anggota DPR, DPD,DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten tahun 2014. Bertempat di Hotel Edotel, Jl Girimaya Sabtu, (21/12).
Ketua KPU Kota Pangkalpinang, M. Yusuf SE mengatakan, sebagai upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2014, KPU Kota Pangkalpinang telah merekrut 25 orang relawan demokrasi, yang akan bertugas untuk mensosialisasikan Pemilu kepada masyarakat.
"Maka sebelum mereka terjun ke tengah masyarakat untuk mensosialisasikan Pemilu, maka para relawan ini perlu mendapat pembekalan," katanya.
Sementara itu Anggota KPU Penti, AM.F selaku komisioner KPU Kota Pangkalpinang Divisi Rumah Tangga, SDM dan Organisasi yang bertanggung jawab dalam perekrutan Relawan Demokrasi ini menambahkan "Ada lima  segmen yang menjadi terget sosialisasi, yakni segmen pemilih pemula, penyandang disabilitas, kelompok perempuan, kelompok pinggiran,serta kelompok agama," terangnya. 
Ke 25 (dua puluh lima)  orang relawan ini direkrut selama 4 (empat) bulan mulai dari Januari s/d April 2014. "Materi Bimtek yang diberikan meliputi Pentingnya demokrasi, pemilu dan partisipasi masyarakat, kode etik relawan demokrasi, tata cara pemberian suara, serta proses penyelenggaraan pemilu yang demokratis dan sesuai dengan perundang-undangan," Tambah Penti.
Dalam melaksanakan tugasnya nanti para relawan demokrasi harus memakai strategi yang bisa mengajak semua kelompok supaya berpartisipasi pada pemilu anggota DPR, DPD, dan DPRD 9 April 2014 mendatang. Relawan Demokrasi bertanggungjawab untuk melaporkan segala bentuk kegiatan yang telah dilaksanakan setiap bulannya kepada Komisi Pemilihan Umum Kota Pangkalpinang.
 
""Perekrutan relawan demokrasi ini dilatar belangi karena tingkat partisipasi masyarakat cenderung menurun dalam beberapa kali pemilu, sehingga target yang kita inginkan akan tercapai. Perlu diketahui relawan ini bukan bagian dari penyelenggara pemilu tetapi mereka adalah Mitra KPU " pungkasnya.
 

Berikan Komentar


Nama:
Email:
Pesan:

Komentar

Sosialisasi Pemilu 2014
Facebook