Terkini

Rapat Penyempurnaan DPT di Kantor KPU Pangkalpinang

KPU Pangkalpinang Kembali Ubah Jumlah Pemilih: Berkurang 484 Pemilih

PANGKALPINANG - kpu-pangkalpinangkota.go.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pangkalpinang kembali menyempurnakan daftar pemilih pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu 2014. Dari penyempurnaan itu, jumlah pemilih kembali berkurang.

Pada hasil pleno rekapitulasi yang dilakukan pada Jumat, 17 Januari 2014 lalu jumlah pemilih untuk Pemilu 2014 di Pangkalpinang, sebanyak 134.265 pemilih. Sebelumnya pada penetapan 30 November 2013, pada jumlah 134.749 pemilih.

Ketua KPU Kota Pangkalpinang, M Yusuf SE menjelaskan  pleno kemarin diselenggarakan berdasarkan Surat Edaran KPU RI Nomor : 838/KPU/XII/2013, tertanggal 11 Desember 2013 perihal Penyempurnaan DPT, bahwa Bawaslu menyampaikan rekomendasi kepada KPU untuk terus menyempurnakan DPT yang telah ditetapkan pada tanggal 4 November 2013.

"Penyempurnaan DPT yang dimaksud adalah meminta KPU dan Kemendagri bekerjasama untuk segera melengkapi NIK invalid, melengkapi informasi data pemilih yang belum lengkap, antara lain terkait dengan alamat dan tanggal lahir, serta melakukan pencermatan terhadap pemilih yang tidak memenuhi syarat," kata Yusuf, Minggu (19/1).

Ia mengatakan KPU Kota Pangkalpinang telah menyampaikan kembali data pemilih yang masih memiliki NIK invalid kepada Disdukcapil Kota Pangkalpinang untuk membantu mendapatkan NIK pemilih seperti yang dimaksud.
"Kita telah berkoordinasi dengan PPK, PPS untuk segera melakukan pencermatan dan pembersihan terhadap data ganda yang dikirim oleh KPU melalui portal sidalih (Sistem Informasi Data Pemilih), sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Selain melakukan pembersihan data ganda, KPU Kota Pangkapinang, PPK, PPS membersihkan DPT dari pemilih yang tidak memenuhi syarat ( TMS ) sebagai pemilih dikarenakan meninggal dunia, belum cukup umur, tidak dikenali, anggota TNI/POLRI, dan pindah domisili," katanya.
Selain itu, guna mewujudkan integritas proses dan transparansi penyempurnaan DPT, Yusuf mengatakan KPU Kota Pangkalpinang akan segera melakukan rapat koordinasi bersama dengan Panwaslu Kota Pangkalpinang dan peserta pemilu untuk memberikan penjelasan terkait mekanisme dan hasil penyempurnaan DPT yang telah dilakukan.
Sementara itu Anggota KPU Kota Pangkalpinang Divisi  Perencanaan, Keuangan, Data Informasi dan Logistik, Yusmayadi menambahkan upaya perbaikan dan penyempurnaan DPT oleh KPU Kota Pangkalpinang akan dilakukan sampai dengan 14 hari sebelum pelaksanaan pemungutan suara atau tanggal 26 Maret 2014.
Dalam hal apabila masih terdapat penduduk  yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih namun belum terdaftar di DPT, maka KPU wajib mendaftarkan pemilih tersebut kedalam Daftar Pemilih Khusus (DP Khusus).
"KPU Kota Pangkalpinang sudah melakukan sosialisasi kepada PPK, PPS dan masyarakat bahwa pemilih yang belum terdaftar  didalam DPT dapat didaftarkan ke dalam Daftar Pemilih Khusus sampai dengan 14 hari sebelum pemungutan suara," kata Yusmayadi. 

Berikan Komentar


Nama:
Email:
Pesan:

Komentar

Sosialisasi Pemilu 2014
Facebook