Terkini

Wakil walikota, Ketua KPU dan Ketua Panwaslu Kota Pangkalpinang melakukan coblosan bersama sama sebagai simbol Pencanangan Sosialisasi Pilwako Pangkalpinang 2013

Pencanangan Sosialisasi dan Maskot Pilwako 2013

PANGKALPINANG- Kpu-pangkalpinangkota.go.id –  Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Pangkalpinang, Rabu (20/2/2013) menyelenggarakan Pencanangan Sosialisasi Pemilihan Walikota (Pilwako) dan Wakil Walikota (Wawako) Pangkalpinang 2013, sebagai salah satu tahapan pelaksanaan Pemilukada. 
Acara tersebut berlangsung di halaman Gedung Tudung Saji, komplek perkantoran Pemerintah Kota Pangkalpinang. Acara Pencanangan Sosialisasi yang dimulai siang hari jam 14.00 WIB itu juga dihadiri Wakil Walikota (Wawako Pangkalpinang), Malikul Amjad, Ketua KPU Kota Pangkalpinang, perwakilan DPRD Kota Pangkalpinang, Kodim 0413 Bangka, Kapolres, Ketua Pengadilan Negeri, Kejaksaan Negeri, Panwaslu Kota dan Kepala SKPD di lingkungan Pemkot Pangkalpinang  turut hadir pula  dua bakal calon walikota sekaligus Ketua DPC Partai Demokrat Kota Pangkalpinang Yuliyanto Satin maupun pasangan independen Sakpolan-Daud.

Wawako Pangkalpinang, Malikul Amjad dalam sambutannya  mengatakan, kesuksesan penyelenggaraan Pilwako dan Wawako Pangkalpinang, merupakan salah satu tolak ukur dari kinerja penyelenggaraan kehidupan demokrasi di Kota Pangkalpinang. “Kita perlu terus meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi secara aktif pada Pilwako dan Wawako tahun 2013, sehingga kualitas penyelenggaraan Pemilihan Umum nantinya menjadi semakin baik, sebagai perwujudan dari tatanan kehidupan politik yang lebih demokratis,” ungkapnya.
Wawako Pangkalpinang, Malikul Amjad, mengatakan Pilwako merupakan tolak ukur dalam kehidupan berdemokrasi di Pangkalpinang. Peran aktif masyarakat pun perlu ditingkatkan agar berperan aktif sehingga penyelenggaran Pilwako dapat berjalan baik. 
Lebih lanjut dikatakannya, Pemkot menyambut baik tema Pilwako dan Pilwawako tahun 2013 yakni “Jadikan Pemilihan Umum Wali Kota dan Wakil Walikota sebagai sarana penyalur aspirasi politik menuju pembangunan daerah berkesinambungan”. “Untuk mencapai keberhasilan tersebut, salah satu proses penting yang harus kita laksanakan adalah pencanangan sosialisasi Pilwako dan Wawako Pangkalpinang. Dengan kegiatan ini, tentunya akan dapat meningkatkan akurasi data pemilih,” ujarnya. Meskipun penyelenggaraan Pilwako dan Wawako Kota Pangkalpinang adalah KPUD Kota Pangkalpinang, namun ditambahkan Wako, sesungguhnya kesuksesan dan kelancarannya menjadi tanggung jawab semua pihak.
Selain itu juga disampaikan untuk tugas dan pengabdian yang tidak ringan tersebut, Pemkot memberikan motivasi dan apresiasi kepada KPU Kota Pangkalpinang, agar tetap semangat dalam melaksanakan tugas-tugasnya. dengan begitu semua tahapan Pilwako dan Wawako tahun 2013 dapat dilaksanakan sebaik-baiknya. 
Pada Kesempatan itu juga diperkenalkan Mang CIKAR sebagai maskot Pilwako Pangkalpinang 2013 dimana Mang Cikar ini mempunyai arti dari setiap huruf. Kata CIKAR yang berarti, (Cerdas, Ikhlas, Kreatif, Amanah dan Ramah). , “Cikar menurut orang Bangka berkonotasi kepada kaum hawa yang cantik, namun hal tersebut perpanjangan dari pelaksanaan pemilukada yang harus dijalankan secara luber dan jurdil (Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil). Sehingga Kita berharap Pemilukada Pangkalpinang ini akan menghadirkan pemimpin CIKAR," kata Ketua KPU Pangkalpinang, Riwan Nefo Setiawan
Ketua KPU Kota Pangkalpinang, Riwan Nefo Setyawan, menambahkan,  tahapan sosialiasi akan terus melekat hingga hari H pelaksanaan Pilwako yakni hari pemilihan suara pada Rabu, 26 Juni 2013. . "Apa yang menjadi asas pemilu yakni langsung umum bebas jujur dan adil akan kami tegakkan sehingga menghasilkan calon walikota-wakil yang diharapkan semua pihak. Disamping itu kami sebagai penyelenggara  juga akan menandatangani pakta integritas artinya kami dituntut efektif dalam program kerja dan efisien dalam penggunaan anggaran," sebutnya.
Dalam kesempatan acara tersebut, seluruh elemen Muspida dan KPU kota Pangkalpinang di tengah acara tampil bersama di atas panggung mengenakan seragam sosialisasi Pilwako Pangkalpinang 2013 dan selanjutnya Wawako, Ketua KPU dan Ketua Panwaslu Kota Pangkalpinang   melakukan pencoblosan surat suara raksasa sebagai tanda resmi dicanangkannya  Sosialisasi Pilwako Pangkalpinang 2013. Diakhir acara para tamu undangan juga dihibur kesenian rakyat dambus Sinar Pinang Jaya dipadukan dengan pantun berbahasa Bangka yang ditampilkan Pak saat salah satu seniman asli Babel dengan kalimat yang mengajak masyarakat kota Pangkalpinang untuk menggunakan hak nya di Pilwako Pangkalpinang 2013. 



 




Berikan Komentar


Nama:
Email:
Pesan:

Komentar

Sosialisasi Pemilu 2014
Facebook