Terkini

Sosialisasi Untuk Pemilih Pemula Yang Digelar Kpu Kota Pangkalpinang

Rapper Big Noeng & Yoedi Mic Semarakkan Sosialisasi Untuk Pemilih Pemula Yang Digelar Kpu Kota Pangkalpinang

PANGKALPINANG - KPU-pangkalpinangkota.go.id -  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pangkalpinang, menyosialisasikan peran serta kalangan pelajar yang merupakan pemilih pemula dalam pemilu, Sabtu (30/11/2013). Acara ini digelar di Hotel Bumi Asih, Pangkalpinang,  di Sosialisasi pemilih pemula yang menyasar kalangan pelajar tingkat SMA se-Pangkalpinang ini, dilakukan oleh KPU Kota Pangkalpinang, untuk mendorong mereka yang telah mempunyai hak pilih untuk memiliki kesadaran menggunakan haknya, pada pemilu anggota DPR, DPD dan DPRD 9 April 2014.

Agar menarik para pelajar sebagai pemilih pemula, sosialisasi yang digelar kali ini agak berbeda dibanding sosialisasi model klasikal lain yang telah digelar beberapa kali sebelumnya, dimana KPU menggandeng rapper asal Bangka Belitung, Big Noeng dan Yoedi Mic untuk menampilkan dan menyanyikan lagu rap dengan lirik yang mengajak para pelajar ikut memilih dalam pemilu dan tidak golput.

Ketua KPU KPU Kota Pangkalpinang, M. Yusuf, SE  menilai, sosialisasi ini penting dilakukan guna meningkatkan partisipasi dan kualitas berdemokrasi dalam pemilu di wilayah Kota Pangkalpinang. Terlebih tingkat partisipasi pemilu walikota yang belum lama di laksanakan  di wilayah ini  menurun. 

“Dalam memilih pemimpin dan wakil rakyat, pemilih harus mengetahui visi dan misi, serta tujuan seorang calon pemimpin dan wakil rakyat yang akan maju di pemilu 2014. Pemilih juga harus mengetahui track record calon pemimpin atau wakil rakyat yang akan dipilihnya,” kata M. Yusuf.

Selain mendengarkan materi dari Komisioner KPU Pangkalpinang, juga digelar  sesi dialog, dimana para perwakilan pelajar di Kota Pangkalpinang  terlihat antusias bertanya, di antaranya cara mudah untuk mengetahui rekam jejak (track record) seorang calon anggota legislatif, syarat bisa memilih dalam pemilu, cara penghitungan suara dalam pemilu legislatif, alasan TNI/Polri dilarang ikut Pemilu, dan sebagainya.

Wahyu Gusna Komisioner KPU Kota Pangkalpinang divisi Sosialisasi, Hubungan antar lembaga menambahkan “Melalui sosialisasi ini, pemilih pemula di Kota Pangkalpinang mendapat informasi dan pengetahuan tentang pemilu. Mereka juga diberi pemahaman bahwa golput atau tidak menggunakan hak pilih bukanlah sebuah pilihan,” ujarnya.

 

Berikan Komentar


Nama:
Email:
Pesan:

Komentar

Sosialisasi Pemilu 2014
Facebook