Terkini

Pasangan bakal calon wali kota-wakil wali kota Pangkalpinang, jalur perseorangan Sakpolan-M Daud tidak memenuhi syarat jumlah dukungan

Sakpolan-Daud tak Lolos Cawako-cawawako

Pasangan bakal calon wali kota-wakil wali kota Pangkalpinang, jalur perseorangan Sakpolan-M Daud tidak memenuhi syarat jumlah dukungan. Dukungan yang diserahkan pasangan ini pada hari terakhir penyerahan dukungan perbaikan tidak mencukupi.
Anggota KPU Pokja Pencalonan Perseorangan, Saiful Karim, mengatakan pada batas jadwal masa perbaikan penyerahan dukungan pada hari terakhir, yakni pada 28 Maret 2013.

"Pasangan Sakpolan-Muhammad Daud sudah menyerahkan pada tanggal 28 Maret, hari terakhir penyampaian dukungan perbaikan," kata Saiful Karim kepada Bangka Pos, Jumat (29/3/2013).

Namun pada penyampaian dukungan perbaikan tersebut, pasangan ini tidak mampu memenuhi kekurangan dukungan.

"Ternyata jumlah dukungan tambahan pada perbaikan yang diserahkan kepada KPU sebanyak 5.669 dukungan. Jumlah itu tidak memnuhi syarat minimal yang harus diserahkan ke KPU mestinya sejumlah 7.594 dukungan," ungkapnya.

Pada verifikasi tahap I, pasangan Sakpolan-M Daud kekurangan 3.797 dukungan. Yang mana, dalam Peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2012,  pada masa perbaikan pasangan calon harus menyerahkan minimal dua kali jumlah kekurangan, sehingga harus membutuhkan 7.594.

"Pada tahap verifikasi pertama, dukungan Sakpolan -Daud yang sah hanya 9.788 dukungan. Sementara syarat yang harus dipenuhi harus 13.585 dukungan, kekurangan harus dipenuhi dengan syarat minimal dua kali jumlah kekurangan saat masa perbaikan," ujar Saiful.

Dengan demikian, menurut Saiful proses verifikasi tahap II tidak dapat dilanjutkan. Saiful mengatakan, pasangan bakal calon tidak memenuhi syarat.

"Dengan demikian pasangan bakal calon yang bersangkutan, dinyatakan tidak memenuhi syarat dan tidak dapat di tetapkan sebagai calon wali kota-wakil wali kotya Pangkalpinang," tandasnya.

sumber : bangka.tribunnews.com 

Berikan Komentar


Nama:
Email:
Pesan:

Komentar

Sosialisasi Pemilu 2014
Facebook