Terkini

pemaparan oleh ketua

Sosialisasi Pilkada Serentak 2018

kpu-pangkalpinangkota.go.id. Bertempat di Aula Sekretariat KPU Kota Pangkalpinang, Rabu 13 September 2017 telah dilaksanakan Sosialisasi Tahapan Pilkada Serentak Tahun 2018 untuk Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Pangkalpinang tahun 2018.

Acara dibuka langsung oleh Ketua KPU Kota Pangkalpinang, M. Yusuf, SE. Dalam sambutannya , ia menjelaskan maksud dan tujuan disusunnya Pedoman Teknis Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Pangkalpinang Tahun 2018. Dimana KPU Kota Pangkalpinang telah menetapkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kota Pangkalpinang Nomor: 1/HK.03.1-Kpu/1971/KPU-Kot/VII/2017 tentang Pedoman Teknis tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan  Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Pangkalpinang Tahun 2018.

Acara yang dihadiri oleh Perwakilan Partai Politik, Unsur Pemerintahan, Akademisi serta Ketua PGRI dan Pers diwilayah Pangkalpinang ini juga menyinggung tentang pencalonan dari perseorangan maupun dari partai politik. Dimana untuk Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Pangkalpinang ini disyaratkan bagi yang ingin mendaftar sebagai calon dari perseorangan harus melampirkan 13.708 KTP, sesuai dengan syarat dukungan pasangan calon perseorangan harus didukung 10 % dari Daftar Pemilih Tetap dalam Pemilihan terakhir. Sedangkan dari partai politik sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia  Nomor 3, harus didukung 20% dari jumlah kursi atau 25% dari jumlah suara dalam pemilihan umum sebelumnya. Sebagai catatan dari 30 kursi DPRD Kota Pangkalpinang, partai politik atau gabungan partai politik harus memiliki 6 Kursi untuk dapat mengusung calon atau memiliki 25% suara dari 87.337 suara sah dalam Pemilihan DPRD Kota Pangkalpinang tahun 2014 yaitu 21.835 suara.(val)

Berikan Komentar


Nama:
Email:
Pesan:

Komentar

Sosialisasi Pemilu 2014
Facebook